6 April 2013

Tunjangan Profesi Guru (Sertifikasi) Cair 9 - 16 April 2013



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjamin tunjangan guru akan cair pada 9 hingga 16 April 2013, bulan ini.

Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, tunjangan guru yang akan dibayar pada tanggal itu adalah tunjangan profesi bagi guru Non PNS dan tunjangan bagi guru non sertifikasi. 
Kemendikbud juga akan membayari tunjangan khusus bagi guru yang bekerja di daerah Terpencil, Terluar dan Terdepan (3T). Tunjangan yang akan segera cair ini juga akan dibayar kepada guru yang sedang mengambil gelar Strata 1 (S1) dan Diploma 4 (D4).

Dia menjelaskan, tunjangan ini dapat dicairkan karena termasuk ke dalam anggaran yang dikendalikan penuh oleh Kemendikbud. Oleh karena itu selain dana tunjangan guru maka dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pun akan dicairkan di tanggal tersebut. “Maksimal minggu depan itu batas waktu semua tunjangan guru sudah mulai dicairkan,” jelasnya.
Dia menjelaskan, tunjangan guru itu dibayar per tiga bulan. Namun pemerintah baru dapat membayarkan April ini karena kemarin anggaran tersebut masih dibintangi Kementerian Keuangan. 

Namun Kemendikbud pun melobi Kemenkeu agar tunjangan guru, BOS, BO PTN, dana UN dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) diturunkan segera. Pasalnya, kelimanya adalah program utama yang dananya harus segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dia menjelaskan, mulai tahun ini sebanyak Rp7,6 triliun tunjangan guru sepenuhnya disalurkan melalui pemerintah pusat. Sebelumnya, pada tahun lalu, sebanyak Rp5,7 triliun tunjangan guru disalurkan melalui dekonsentrasi. Anggaran tersebut dialokasikan bagi sebanyak 629.044 guru. Jumlahnya meningkat dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 610.685 guru.

Dari anggaran tersebut, sebagian anggaran digunakan untuk tunjangan fungsional guru nonpns daerah atau guru swasta dan yang belum mendapatkan tunjangan profesi karena belum sertifikasi.

“Alasan ditariknya anggaran fungsional ke pusat supaya efektif. Tahun lalu penyalurannya sering terlambat. Oleh karena itu, (sekarang) ke pusat supaya lebih efektif,” terang mantan Menkominfo ini.

Mendikbud menyebutkan, pada tahun ini sebanyak 321.000 guru akan menerima tunjangan fungsional tersebut. Jumlah ini berkurang dari tahun lalu sebanyak 339.573 guru. Menurut Mendikbud, penurunan jumlah penerima tunjangan ini karena sebagian guru swasta telah mendapatkan tunjangan sertifikasi.

“Tunjangan fungsional diberikan kepada guru yang belum sertifikasi,” jelasnya.

Sumber : www.sindonews.com

11 komentar:

  1. Hi there! I could have sworn I've been to this website before but after checking through some of the post I realized it's
    new to me. Nonetheless, I'm definitely delighted I found it and I'll
    be book-marking and checking back frequently!


    My website - cooking school chicago

    BalasHapus
  2. We are a group of volunteers and opening a new scheme in our community.

    Your site provided us with valuable information to work on.

    You have done an impressive job and our whole community will
    be grateful to you.

    my website - Http://Bawash.Com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you ...
      I hope my site will provide better information

      Hapus
  3. sedikit bertanya pak,. di sekolah sy (slh satu smp swasta di indramayu jabar) yg sudah sertifikasi 12 orang triwulan 2 yg cair 9 or sjak 2 minggu kmarin 3 org lg blm cair smpe skarang termasuk sy, mnurut bapak knapa bsa sprti itu mksud nya 3 org ini blm cair apa yg salah ? trimakasih sblm nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengetahui dimana masalahnya, coba Bapak/Ibu kirim NUPTK dan Tgl. Bulan, dan Tahun lahir ke-3 orang yg belum cair.
      Kirimkan juga 1 orang yg sudah cair. Setelah saya periksa, baru bisa kita tau dimana masalahnya.

      Utk lebih mudah, Bapak/Ibu jg bisa mghubungi No. HP di weblog ini, tp tolong dikonfirmasi lebih dahulu melalui SMS.

      Hapus
  4. Trima kasih sebelumnya, yang belum cair EMAN SUHERMAN (07111981 NUPTK 6439759662200003) DANO SUDARNO (29061981 NUPTK 5961759660200012) ROZA OLINA (14111975 NUPTK 7446753655300043)Yang sudah cair ARWADI (06061982 NUPTK 3938760662200022). Sekali lagi trima kasih pak sudah mau membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Pak Eman Suherman cuma 16 JP IPS, Mapel lainnya tidak linier makanya tidak diakui. Silahkan diperbaiki data onlinenya.

      2. Pak Dano Sudarno cuma 12 JP IPS, mapel lain spt TIK yg sudah dibuat tidak linier. Silahkan diperbaiki data onlinenya.

      3. Ibu Roza Olina sudah VALID dan SKTPnya sudah keluar. Masalah Dana Sertifikasinya belum keluar silahkan dikonfirmasi ke pusat.

      Solusi utk Pak Eman dan Pak Dano, di ataskan ada No. HP, silahkan hubungi tetapi mohon sms terlebih dahulu.

      Hapus
  5. bagaimana cara memperbaiki data online nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba belajar dan banyak berdiskusi dengan Operator-operator sekolah lain Pak

      Hapus
  6. ya makasih pak,.sy sms ke no hp yang ada di atas mksd nya mau tlp tapi ga di konfirmasi,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud saya, bukan saya yg konfirmasi tp bapak, dgn memperkenalkan diri dulu.
      Kebetulan Saya tidak mau mengangkat telepon klo saya tidak tau siapa yg menelepon.

      Tp klo bapa memperkenalkan diri dulu via sms, dan setelah itu bapak telepon, baru saya angkat.
      Gitu maksud saya Pak.

      Lagian kebetulan sekali tadi saya lg tidak ada pls pak.

      Hapus